01
Oct

Tips Interior Design Apartemen Type Studio

Desain Interior Apartemen dengan Type Studio
Apartemen Type Studio

Apartemen studio adalah apartemen yang hanya terdiri dari satu ruangan saja yang berfungsi sebagai dapur, ruang tamu, dan kamar tidur. Apartemen jenis ini semakin menjamur di Indonesia belakangan ini, terutama di kota-kota besar. Selain efisien, harga sewa atau beli apartemen studio biasanya sangat terjangkau. Ini membuat apartemen studio disukai kalangan muda, khususnya mahasiswa, profesional muda, pekerja, atau mereka yang hidup melajang.

Apartemen studio biasanya tidak luas, mirip seperti kamar kost atau kamar di asrama. Oleh karena itu, diperlukan beberapa trik agar apartemen studio tetap menjadi sarang yang nyaman bagi penghuninya. Inilah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menciptakan kesan luas pada apartemen yang sempit tersebut.

*Semua gambar di artikel ini adalah desain dari HIP Interior, bukan asal comot dari mesin pencari

Dapur untuk Apartemen Type Studio
Dapur untuk Apartemen Type Studio
  1. Peletakan meja dapur

Meja dapur dapat diletakkan persis setelah pintu masuk. Saat memasak pintu sebaiknya dibuka agar asap dari aktivitas memasak tidak mengganggu pernafasan, atau membuat pakaian atau tempat tidur Anda berbau masakan.

2. Tempat penyimpanan

Dapur kecil tapi bisa diberikan aksen, seperti aksen mosaic, Dapur ini juga efisien dan fungsional berkat beberapa lemari penyimpanan di atas dan di bawah bak cuci piring. Tempat penyimpanan dalam jumlah banyak wajib dimiliki oleh siapa saja yang tinggal di hunian sempit. Dengan menyimpan benda-benda ukuran kecil dan sedang dalam lemari, apartemen studio akan terlihat lebih rapi dan luas.

Pemilihan Furnitur

3. Furnitur multifungsi

Memiliki furnitur multifungsi juga wajib hukumnya bagi penghuni apartemen studio. Dalam contoh ini rak bisa berfungsi sebagai rak televisi atau meja kerja. Meja tambahan bisa ditarik untuk difungsikan sebagai meja makan, mudah dibereskan ketika tidak digunakan. Solusi cerdas bukan?

4. Pencahayaan

Salah satu trik untuk membuat ruangan sempit terlihat lebih luas adalah dengan menghadirkan nuansa cerah maksimal di ruangan itu. Menempatkan lampu di belakang tempat tidur merupakan trik yang bisa diterapkan agar apartemen lebih terang dan terlihat luas. Lampu juga berperan sebagai elemen dekorasi, mendatangkan suasana romantis di ruang pribadi kita.

5. Jendela lebih dari satu

Apartemen ini memiliki dua buah jendela. Satu jendela ada di dekat rak, sedangkan yang lainnya ada di dekat tempat tidur. Di pagi hari, sinar matahari akan masuk dan menerangi ruangan. Dengan adanya jendela, udara dalam ruangan sempit tidak akan terasa pengap.

6. Lemari pakaian tersembunyi

Siapa sangka ada lemari rahasia di bawah tempat tidur empuk ini? Di sinilah kita bisa menyembunyikan pakaian-pakaian atau buku-buku dari pandangan, agar sarang 21m² menjadi tempat beristirahat paling nyaman.

Manakah trik di atas yang paling mudah diterapkan bagi Anda? Atau anda ingin berkonsultasi soal interior desain apartemen anda? bisa hubungi HIP Interior