06
Dec

Memilih bahan untuk interior hunian anda – Marmer

Kelebihan dan Kekurangan Material Marmer Sebagai Bahan Alternatif

Untuk interior design agar membuat ruangan terlihat mewah tapi dengan gaya minimalis selain mempertimbangkan desain, juga yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahan. Karena itu kami akan. Perkembangan zaman membuat bahan-bahan dalam membangun rumah semakin bervariasi dan modern. Bahan-bahan tersebut tidak lagi hanya mengandalkan kualitas, tetapi juga segi keindahan tampilannya. Hal inilah yang dimiliki oleh marmer. Beberapa orang mungkin masih keliru mengidentifikasi mana yang disebut dengan marmer dan granit. Hal ini karena tampilan keduanya yang hampir mirip. Maka tidak heran jika banyak orang yang tidak mengetahui perbedaan granit dengan marmer.

Pengertian Marmer

Marmer merupakan salah satu batuan alami yang terbentuk melalui proses tekanan dan panas. Batuan sedimen (batu kapur), yang terutama mengandung kalsium tinggi, apabila diberikan panas serta tekanan yang cukup maka akan berubah menjadi marmer. Marmer biasanya ditambang dalam potongan besar kemudian dipotong kembali menjadi lempengan, blok maupun ubin. Potongan ini kemudian diasah kembali sampai merata dan dipoles sampai mengkilap.

Adapun Kelebihan dan Kekurangan Marmer adalah sebagai berikut :

1.Tahan Panas dan Tidak Mudah Menghantarkan

Kelebihan dari marmer yang pertama adalah tidak mudah menghantarkan panas. Oleh karena itu, marmer memiliki daya tahan dari sengatan panas bahkan hampir tidak dapat dibakar.

2.Variasi Warna dan Motif Beragam

Tidak hanya anti panas, marmer juga memiliki pilihan warna dan motif yang beragam. Harganya pun beragam, dari yang murah hingga mahal sekali pun. Harga sangat berperan penting untuk tips hemat membangun rumah . Dengan pilihan harga, anda dapat menyesuaikan dengan budget yang anda miliki.

3.Tidak Mudah Tergores

Jika anda menggunakan marmer, anda tidak perlu khawatir dengan bekas gores yang akan tertinggal pada permukaan marmer. Karena jika terjadi gesekan-gesekan, tidak akan merusak marmer dan yang akan buatnya menjadi kusam dan kehilangan kilauannya. Permukaan mengkilapnya tak lekas memudar meskipun sudah lama di pakai.

4.Mudah Dirawat

Akan membutuhkan waktu yang lama bagi marmer untuk kehilangan kilauannya dan menjadi kusam. Namun ketika marmer mulai kusam, anda tidak perlu khawatir. Kilauannya dapat dikembalikan lagi. Dengan cara dengan menggunakan cairan khusus yang mengandung zat kimia, dimana akan bereaksi untuk mengembalikan kilap marmer. Dan masih banyak lagi cara-cara membersihkan marmer yang kusam.

5.Tahan lama

Jika dibandingkan dengan material lainnya, tentu marmer memiliki tingkat paling optimal dari segi daya tahan.

6.Desain Mewah

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa marmer memang memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Setiap motifnya yang beragam dan tidak serupa menjadikannya begitu memukau dan memiliki daya tarik tersendiri. Marmer akan cocok pada desain rumah minimalis dengan berbagai tipe dan masih banyak lagi.

Desain interior dari Rumah yang dikerjakan oleh HIP Interior

Selain kelebihan, marmer juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan marmer, diantaranya adalah :

1.Permukaan Licin

Lantai marmer ternyata memiliki permukaan yang licin. Hal ini berbahaya karena menimbulkan resiko Oleh karenanya, anda perlu teliti dan jeli saat memilih motif dan bahan marmer karena ini sangatlah penting untuk dilakukan.

2.Harga mahal

Kuat, tahan api, tahan lama, tentunya orang-orang akan bertanya-tanya berapa kisaran harga marmer. Jawabannya ternyata, sangat mahal Karena kualitas dan tampilannya yang begitu memukau dan presisi, serta terdapat aneka motif sesuai bentuk urat dan warna yang beraneka ragam membuat kisaran harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan material yang lain. Semakin rapi dan jelas urat yang ditampilkan pada marmer, maka akan semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

3.Sulit diperbaiki

Meskipun berkontur sangat kokoh dan kuat, namun marmer tetap memiliki kemungkinan untuk mengalami kerusakan seperti pecah atau bahkan terdapat lubang. Apabila marmer sudah terlanjur berlubang, akan sangat sulit diperbaiki. Cara mengembalikan kondisinya seperti semula adalah dengan memanggil tenaga ahli karena prosesnya tidak sembarangan. Para ahli dapat melalukan penambalan supaya marmer bisa terlihat seperti tampilan semula.

4.Pemasangan Tergolong Sulit

Memasang marmer tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Harus meraka yang memang mempunyai keahlian khusus alias professional yang melakukannya karena kalau tidak maka justru marmer bisa salah posisi, tergores bahkan rusak. Selain itu karena proses pemasangannya yang sangat hati – hati membuatnya cukup lama untuk diselesaikan. Dari segi pemasangan, marmer tergolong sulit untuk dipasang dan membutuhkan tenaga ahli untuk pemasangannya.