11
Oct

Masalah yang sering muncul di apartemen type studio

Tinggal di apartemen studio  memang memiliki keuntungan tersendiri. Dengan luas yang kecil, hunian bisa terasa nyaman dan pastinya harganya lebih  murah. Tapi ada beberapa masalah yang mungkin akan anda dapatkan.

Jangan khawatir, jika anda bisa menemukan cara untuk menciptakan ruangan fungsional sekaligus nyaman, masalah-masalah tersebut bisa diatasi.

Karena itu perhatikan masalah-masalah ini sehingga anda bisa memikirkan mulai sekarang caranya anda bisa mengakalinya.

Satu ruangan besar

Apartemen dengan type studio berbentuk satu ruangan besar tanpa pemisah antara area living room area tidur dan dapur

Karena tidak adanya pemisah, kita bisa memberikan pembagian area secara visual. Pembagian area tersebut tidak perlu harus dengan dinding atau partisi, tapi bisa menggunakan furniture atau dekorasi untuk membagi area dalam ruangan anda. Contohnya menggunakan karpet bisa memberikan kesan bahwa ruangan itu adalah ruangan keluarga, sehingga apabila ada karpet disitu, berarti area untuk duduk. Anda bisa memberikan tirai di sebelah tempat tidur untuk memberi kesan area tidur, dan menambah privasi.

Masalah dalam membeli furniture

Karena ukuran apartemen yang mungil, tentunya anda tidak bisa menempatkan furniture sembarangan, bahkan jika anda ingin membeli furniture, tentunya anda tidak bisa memilih furniture dengan ukuran besar.

Karena itu pilihlah furniture yang berukuran kecil. Untuk sofa atau tempat duduk lebih baik jika anda memilih sofa yang memakan tempat kurang dari rata-rata sofa L dengan 3 dudukan. Hal yang sama berlaku untuk semua furniture. Dengan memilih furniture lebih kecil Anda bisa punya area tinggal yang yang lebih lapang.

Personalisasi pada dekorasi

Anda ingin agar kepribadian, selera anda terlihat di hunian anda. Tapi dengan ruangan yang terbatas mungkin anda kebingungan bagian mana yang bisa anda maksimalkan. Terutama jika anda menyewa ruangan tersebut, tentu anda tidak bisa sembarangan merubah ruangan anda karena akan melanggar perjanjian sewa.

Karena itu anda bisa melakukan perubahan kecil yang bisa memberikan perubahan maksimal.

Contohnya, Anda mungkin tidak bisa mengecat atau melakukan perubahan besar pada dinding, konstruksi dan lainnya, tapi ada dekorasi sederhana yang bisa anda tempatkan.

Mungkin anda bisa mengganti kenop pada lemari dapur dan menyimpan yang lama sehingga saat anda pindah anda bisa memasangnya kembali. Tentu anda bisa mencari yang ukurannya sama agar tidak perlu membuat lubang baru untuk memasangnya.

Gorden bisa digunakan untuk memberikan kesan dramatis, dan bila digantung setinggi dinding penuh akan membuat jendela terasa lebih tinggi.

Tidak ada tempat penyimpanan yang cukup

Apartemen studio mungkin sudah dilengkapi lemari atau tempat penyimpanan. Tapi kebanyakan hunian perlu tambahan tempat penyimpanan.

Solusinya, manfaatkan area vertikal di apartemen Anda. Anda mungkin sudah menggunakan tempat penyimpanan seperti kolong tempat tidur. Sekarang Anda membutuhkan lebih banyak tempat, dan tempat terbaik untuk mendapat area penyimpanan lebih banyak adalah ke atas.

Cari furniture berupa rak yang ukurannya lebih kecil tapi lebih tinggi, Anda bisa juga tambahkan rak melayang dengan keranjang bila tidak menemukan furniture yang ramping. Juga ada banyak furniture yang berfungsi ganda, mulai dari kursi ottoman hingga cermin, serta tempat tidur dengan laci yang akan membuat apartemen studio Anda lebih tertata.

Dan pastikan untuk ada tempat penyimpanan untuk semua barang, pastikan Anda hanya punya barang yang memang Anda butuhkan. Bersihkan lemari dan sisihkan barang yang tidak lagi Anda pakai, barang yang rusak dan sebagainya. Lebih sedikit barang yang Anda punya, akan lebih mudah penyimpanannya.

Jadikan apartemen Anda terasa nyaman tak peduli seberapa besar ukurannya.  Jika anda masih kebingungan, HIP Interior dengan senang membantu anda untuk mendesain interior hunian anda agar lebih nyaman dan memaksimalkan ruangan anda.